kampus pejuang dakwah

Profil


Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Dirosat Islamiyah (STID DI) Al-Hikmah Jakarta didirikan pada tahun 1989, dengan nama Lembaga Dakwah dan Studi Islam Al-Hikmah atau yang lebih dikenal dengan nama “Ma’had Al-Hikmah”. Lembaga ini didirikan atas dasar kepedulian dan perhatian yang besar terhadap problematika Dakwah Islamiyah dan juga untuk merevisi dan membenahi pergeseran nilai-nilai moral dan sikap hidup yang semakin dirasakan menurun. Pada sisi yang lain juga terlihat bahwa kesadaran umat Islam untuk mempelajari al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai sumber utama syari’at Islam, kian hari nampak semakin meningkat terutama dikalangan Mahasiswa /Mahasiswi dan kawula muda pada umumnya.

Sementara lembaga-lembaga pendidikan Islam yang diharapkan dapat berperan banyak dalam memenuhi kebutuhan tersebut, dengan pola pendidikan Islam yang integral, sistematis dan kurikulum yang komprehensif dirasa tidak sebanding dengan angka pertumbuhan kesadaran para aktivis Islam. Lembaga-lembaga pendidikan yang ada hanya cenderung menggarap aspek kognitif dan affektif semata, sementara aspek psikomotorik dan akhlaq Islami yang bersumber dari pemahaman dan penghayatan terhadap dinul Islam yang menyeluruh dan orisinil belum tertangani dengan baik.

Melihat fenomena dan fakta tersebut lembaga ini didirikan. Pada awalnya, yayasan Al-Hikmah yang dimotori oleh Al-Ustadz KH. Abdul Hasib Hasan, Lc. Mengumpulkan para dosen yang dinilai memiliki kualitas dan kapabilitas yang diperlukan, diantara mereka berlatar belakang pendidikan dari Universitas Al-Azhar Kairo, Universitas Muhammad Ibnu Sa’ud Riyadh, Universitas Islam Madinah dan juga dari beberapa perguruan tinggi lain. Selanjutnya para pendiri mengadakan pertemuan untuk menyusun kurikulum dan setelah semuanya siap, pendaftaran kuliah pertama dimulai. Dalam angkatan pertama jumlah mahasiswa pendaftar ada 80 orang, angkatan kedua 160 orang dan terus meningkat hinggga lembaga ini tidak bisa menampung lagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di tempat ini. Lembaga ini juga mengalami pasang surut seiring dengan trend masyarakat dan kemampuan lembaga untuk mengelola, tapi Alhamdulillah saat ini sudah menunjukkan grafik yang meningkat, setelah izin operasional Departemen Agama diberikan.

Dalam Perkembangan selanjutnya lembaga yang beralamat di Jl. Bangka III A No. 25 Pela Mampang Jakarta Selatan ini, sesuai dengan perubahan dan perkembangan zaman dengan mempertimbangkan nilai-nilai positif dan keunggulan serta kepentingan para alumni, pengurus Yayasan mempertimbangkan untuk ditingkatkan statusnya menjadi Sekolah Tinggi yang tetap mengambil program unggulannya dalam bidang Dakwah al-Islamiyah. Dengan pertimbangan tersebut maka pada tahun 2002 Yayasan Al-Hikmah mengirimkan proposal pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Dirosat Islamiyah Al-Hikmah, dengan jurusan KPI [Komunikasi Penyiaran Islam] kepada Departemen Agama Republik Indonesia. Setelah usulan tersebut diajukan, akhirnya DEPARTEMEN AGAMA REPUBLIK INDONESIA, pada tanggal 22 maret tahun 2004 resmi memberikan Izin Operasional dengan nomor Dj.II/22/05. Sekarang Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Dirosat Islamiyah (STID DI) AL-Hikmah telah memiliki mahasiswa 850 orang dan 35 dosen baik lulusan S1, S2 maupun S3 yang mayoritasnya adalah lulusan Universitas-Universitas Islam terkemuka Timur Tengah.

Share:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks
  • Technorati